Cara Daftar dan Pasang Google Analytics di Blogger

Cara Daftar dan Pasang Google Analytics di Blogger. Google Analytics adalah salah satu alat pelacak semua isi blog kita yang disediakan Google. Dengan memasang Google Analytics, anda akan tahu semua aktivitas blog, mulai dari visitor atau pengunjung, pageview, lokasi pengunjung, dan masih banyak yang lainnya. Layanan ini sama halnya dengan Google AdWords Keyword Tool yang dapat di gunakan tanpa biaya alias gratis.
Google Analytics
Google Analytics akan menampilkan aktivitas atau statistik blog anda yang lebih akurat jika dibandingkan dengan Statistik yang ada di dashboard blogger. Jadi mulai sekarang anda harus tahu aktivitas blog anda mulai dari lalu lintas pengunjung, jumlah page view dan lain sebagainya menggunakan layanan dari google ini. Silahkan ikuti langkah berikut untuk mendaftar dan memasang code Google Analytics di Blogger anda.

Cara Daftar Google Analytics

1. Kunjungi situsnya http://www.google.com/analytics/ lalu klik "Masuk" atau "Login" dan anda harus login menggunakan email dari google yaitu Gmail, pakai saja Gmail blogger anda.

2. Karena akun anda belum pernah mendaftar di Google Analytics, maka setelah login, secara otomatis anda akan di bawa ke halaman register. Lihat tampilan di bawah ini, klik "Pendaftaran"
Cara Daftar Google Analytics


3. Isi formulir pendaftaran seperti di bawah ini, yang bertanda panah merah harus sesuai dengan blog anda. Dan untuk kategory, bisa anda pilih sendiri atau mungkin dibiarkan default seperti itu. Setelah terisi semua, klik saja "Dapatkan ID Pelacakan" dan selanjutnya akan muncul Pop up persetujuan / persyaratan, klik saja Next.
Cara Daftar Google Analytics

4. Yang terakhir anda akan menuju halaman yang kira-kira seperti gambar di bawah ini, dan itulah kode javascript untuk di pasang di blog anda. Copy semua code javascript tersebut, lalau pasang di blog anda (baca di bagian bawah artikel ini).
Cara Memasang Code Google Analytics di Blogger

Cara Memasang Code Google Analytics di Blogger

  1. Login ke blog anda
  2. Pilih Template > Edit HTML dan cari kode </head> (Gunakan control F untuk mempermudah pencarian)
  3. Paste kode javascript Google Analytics tadi di atas kode </head>
  4. Simpan dan selesai.

Untu melihat statistik blog anda, cukup login ke Google Analytics di http://www.google.com/analytics menggunakan email yang di daftarkan tadi. Dan secara otomatis anda akan langsung di redirect ke dashboard analytics anda. Kira-kira seperti ini tampilannya.

Dengan meng-klik "Semua data situs Web" anda bisa melihat statistik blog anda secara lengkap.