Cara Mengganti Template Blogger

Karena disini saya punya beberapa template blogger yang saya bagikan gratis untuk anda, alangkah lebih lengkap lagi jika di tambah dengan tutorial cara mengganti template blogger tersebut. Tenang saja, tutorialnya cukup lengkap, mudah dan saya sudah siapkan langkah-langkah mengganti template blogger dengan gambar juga.

Silahkan download template blogger yang anda suka, cari di google atau bisa cari di blog ini sapa tau ada yang cocok :). Kalau sudah dapat, langsung saja Extract file .rar atau .zip yang sudah anda download dengan cara klik kanan lalu extract file to ...

Sebagai contoh di bawah ini saya download template B-seo versi 3, lalu saya extract dan ternyata ada 2 file (.xml dan .txt) di dalam foldernya. Templatenya adalah yang berekstensi .xml

Cara Mengganti Template Blogger


Cara Mengganti Template Blogger

1. Login dashboard blog anda lalu ke halaman Template > Cari dan klik tombol "Backup / Restore", untuk bahasa indonesia tombol "Cadangkan / Pulihkan". Letaknya di bagian pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini.
Cara Mengganti Template Blogger

2. Setelah anda klik "Backup / Restore" akan muncul pop up seperti di bawah ini, yang harus anda lakukan adalah :
Cara Mengganti Template Blogger
  • Download Full Template, hal ini untuk memback-up template lama anda. Menjaga hal yang mungkin tidak di inginkan pada saat mengganti dengan template baru, sehingga anda dapat dengan mudah mengembalikannya ke tampilan semula.
  • Pilih file dengan extensi .xml didalam folder yang sudah anda extract tadi lalu tekan tombol Upload. Tunggu sampai loading selesai dan lihat hasilnya :)

Yang perlu anda ketahui disini, jika setelah proses upload selesai dan widget di blog anda sedikit berantakan, hal itu adalah wajar. Karena mungkin template yang baru ini tidak mempunyai widget pada template lama anda. Yang harus anda lakukan adalah mengatur kembali tata letak laman atau widget di halaman "TATA LETAK" atay "LAYOUT".

Catatan Penting :
  1. Jika terjadi hal yang tidak anda inginkan ketika mengganti template, anda bisa langsung upload template lama yang sudah anda download tadi.
  2. Pilih template yang paling anda sukai, jangan terlalu sering menggantinya, karena hal itu tidak baik untuk sebuah blog, lebih-lebih untuk Seo.

Bingung, atau ada yang ingin di tanyakan? jangan ragu sampaikan disini.